expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday, May 17, 2016

Mengasah Skill Menulis Itu Banyak Caranya

Salah satunya dengan rajin menulis di blog. Ya, dari pada cuma ngendon di folder, kan lebih baik diterbitin aja sekalian, secara online. Murah meriah, gak pake lama, dan tak terikat dengan publisher tertentu dengan beberapa aturan ini dan itu. Ya, menulis di blog selain bikin seorang penulis tetap eksis, juga semacam perayaan atas penuangan ide-ide secara bebas. Berbeda jika kita menulis berdasarkan 'pesanan' penerbit mayor tentang tema-tema tertentu. Prosesnya rada ribet, belum lagi permintaan revisi yang bisa memakan waktu dan energi yang tidak sedikit.

Menulis di blog selain menyenangkan, juga bisa dimonetisasi. Misalnya menjadi mitra penerbit iklan melalui google adsense atau adsense-adsense 'broker' yang jumlahnya cukup banyak. Itu bisa dilakukan jika kita benar-benar serius ingin mendapatkan tambahan penghasilan melalui blog. Prosesnya memang tak mudah, tapi anggap saja sedang menguji kekuatan dan kemampuan diri selain sebagai penulis kini belajar hal baru sebagai publisher iklan. Siapa tahu nanti beruntung, dan bisa dapat gaji bulanan seperti orang kerja kantoran. hehehe.

Saya pribadi, semakin ke sini maunya cuma menulis aja. Entah itu fiksi maupun non fiksi, yang bisa dilakukan di sela-sela kegiatan momong anak dan mengurus rumah. Yang penting tetap menulis, entah itu menghasilkan atau tidak. Semacam tanggung jawab moral saya kepada para pembaca - wa bil-khusus silent reader horee - yang rajin nengokin blog dan ninggalin jejak "like" di wall FB maupun grup. Makasih yaa...

Menulis di blog juga semacam dokumentasi, supaya tulisan kita tersimpan dengan baik. Kadang-kadang laptop kita rusak atau bagaimana sehingga file di dalamnya ikut hilang jika kita tidak mengantisipasinya dalam tempat penyimpanan lain. Maka disimpan di blog bisa menjadi 'salah satu' pilihan, meski terkadang sebagai blog gratisan - seperti yang saya alami di multiply - sewaktu-waktu ada kebijakan baru sehingga menghilangkan akses kita pada blog menimbulkan masalah juga.

Namun sejak tahun 2008 membuat account di blog ini, sampai sekarang aman-aman saja telah menunjukkan kredibilitas dan kesungguhan owner dalam melayani pengguna blog, dengan tidak berlaku sewenang-wenang yang berakibat pada ketidaknyamanan dan kekecewaan salah satu pihak. Toh keberadaan pengguna blog juga sangat penting bagi perusahaan, dimana tanpa kehadiran para blogger ini maka mustahil bagi owner mendapatkan keuntungan dari iklan yang dititipkan banyak perusahaan besar pada mereka.

Melalui blog, selain menerbitkan tulisan secara cepat, seorang penulis juga bisa menggunakan media ini untuk memajang buku-bukunya. Atau nyambi berbisnis online jualan buku-buku sendiri atau buku-buku orang lain, atau jualan baju-baju, kue kering, dan sebagainya. 

Jadi melalui blog, kreatifitas dapat terus dikembangkan, sembari mengusahakan rezeki halal, sebagai bagian dari ibadah kita dalam mencari ridhoNya.

Kicauan siang, 17/5/16


No comments: